fbpx

Azhari Islamic School Lebak Bulus Jakarta

Blog

5 Akhlak Rasulullah Kepada Anak

5 Akhlak Rasulullah Kepada Anak

5 Akhlak Rasulullah Kepada Anak

5 Akhlak Rasulullah Kepada Anak

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

5 Akhlak Rasulullah Kepada Anak

5 Akhlak Rasulullah Kepada Anak

5 Akhlak Rasulullah Kepada Anak

5 Akhlak Rasulullah Kepada Anak

Rasulullah adalah teladan kita semua dalam berbagai aspek kehidupan termasuk dalam berakhlaq kepada anak. Berikut ini 5 akhlaq Rasulullah SAW terhadap anak yang patut kita teladani.

Pertama, mendo’akan,
kalau selama ini kita sering mendo’akan anak kita maka itu baik. Tapi ada yang lebih baik yaitu meneladani Rosulullah SAW dengan juga mendo’akan anak orang lain. Para pengikut Rosulullah SAW akan lebih sering mendo’akan kebaikan anak-anak di sekitar mereka ketimbang membentak atau menghardiknya.

Kedua, berempati kepada mereka, ingatkah kita dengan kisah Rosulullah SAW menghibur anak yang burung kesayangan peliharannya mati? Atau saat beliau membelikan baju lebaran untuk anak yatim yang bersedih di hari Raya?. Empati adalah sikap mulia yang baginda ajarkan kepada kita. Dengan empati anak-anak menjadi dekat dengan kita dan menghormati orang dewasa dengan tulus.

Ketiga, mendidik mereka,
Baginda Rasulullah SAW mendidik Ali dengan keberanian dan amanah saat beliau akan berhijrah. Baginda mendidik sopan santun dan adab makan saat makan bersama orang dewasa. Semua dengan bahasa yang lembut namun tegas.

Keempat, mengucapkan salam, adakah bayi yang saat lahir sudah dapat mengucap salam?, Adakah bayi yang saat lahir sudah dapat mengucap kata-kata kasar dan makian?.Tidak ada!. Semua itu orang tua dan lingkungan yang mengajarkan.
Kita tinggal memilih apakah ucapan salam atau makian yang akan kita ajarkan kepada mereka. Semua akan dicatat malaikat dan akan dipertanggungjawabkan.

Kelima, bermuka manis kepada mereka. Cara termudah agar anak-anak kita tidak sering bertengkar dan emosional adalah dengan seringnya para orang dewasa menyapa dan bermuka manis kepada mereka. Itulah sedekah terbaik kepada generasi penerus kita.

Semoga Allah SWT memberikan kemampuan kepada kita untuk meneladani baginda Rosulullah shalallahu ‘alaihi wassalaam.
Sholluu ‘alan Nabiy..!

Wallahu a’lam
Oleh Ustadz Redy S Akbar

Ikuti Kami di Instagram

====================

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buku Tamu

Dengan mengisi form singkat ini Anda akan mendapatkan update informasi Pendaftaran Murid Baru dan Informasi seputar kegiatan sekolah
  • Informasi Pendaftaran Murid Baru akan kami kirim via Aplikasi WhatsApp
  • Informasi Pendaftaran Murid Baru akan kami kirim via Email
0
Meter Persegi
0
Tahun Menjadi Mitra Keluarga
0
Unit Pendidikan
0
Lulusan PG-TK-SD-SMP

Copyright 2021 – Azhari Islamic School Lebak Bulus Jakarta